Cara Membuat RPP 1 Lembar SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Tahun 2020-2021

RUANG BELAJAR. Berikut ini kami share cara membuat RPP 1 lembar untuk SD, SMP/Mts maupun SMA semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
RPP atau disebut juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekarang sudah disederhanakan bersamaan dengan dikeluarkannya Permendikbud nomor 14 tahun 2019 tertanggal 13 Desember 2019 yang merupakan salah satu terobosan baru yang dilakukan oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Bahwa beliau menyatakan RPP harus disederhanakan dan  ini didedikasikan untuk para guru agar meringankan beban administrasi guru itu sendiri, ia juga menambahkan selanjutnya Kemendikbud akan memberikan beberapa contoh RPP singkat yang cukup dikerjakan dalam satu halaman saja.
Adapun Contoh RPP tersebut susunannya antara lain adalah :

1. Judul : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
2. Nama Sekolah : SMP Negeri ...... 
3. Mata Pelajaran : Misalnya "Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Kelas/Semester : VII / 1"
4. Alokasi Waktu : ……. menit
5. Materi : Misalnya "Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara"
6. A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, diharapkan peserta didik mampu :
  • Memahami sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara, 
  • Memahami semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara, dan 
  • Memahami pembentukan BPUPKI.

7.  B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) :
  • Melakukan pembukaan dibarengi dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai suatu pembelajaran, memeriksa kehadirannya siswa atau  peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Mengaitkan materi atau tema dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi atau tema dankegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengingat dan menghubungkan kembali dengan materi yang selanjutnya.
  • Menyampaikan beberapa motivasi tentang apa yang dapat diperoleh  dengan mempelajari materi : Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara.
  • Menjelaskan beberapa hal yang akan dipelajari nanti, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh nantinya,
8. Kegiatan Inti ( 90 Menit )
  • Kegiatan Literasi : Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara dengan cara melihat, mengamati, membaca melalui tayangan yang di tampilkan.
  • Critical Thinking : Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar khususnya pada materi Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara.
  • Collaboration : Peserta didik atau siswa dibentuk terlebih dahulu beberapa kelompok untuk mendiskusikannya, mengumpulkan informasinya, mempresentasikan kembali, dan saling bertukar informasi dan fikiran mengenai Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara
  • Communication : Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.
  • Creativity : Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakannya kembali perihal yang belum dipahami
9. Kegiatan Penutup (15 Menit)
  • Peserta didik dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
  • Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan Pembelajaran.
  • Guru Memberikan penghargaan ( misalnya Pujian atau bentuk penghargaan lain yang Relevan kepada kelompok yang kinerjanya Baik.
  • Menugaskan Peserta didik untuk terus mencari informasi dimana saja yang berkaitan dengan materi/pelajaran yang sedang atau yang akan pelajari.
  • Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya.
  • Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.

10. C. Penilaian Hasil Pembelajaran
  • Sikap : Lembar pengamatan, 
  • Pengetahuan : LK peserta didik, 
  • Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi
11. Tanda tangan Mengetahui Kepala Sekolah dan Guru Yang Bersangkutan


Demikian Cara Membuat RPP 1 Lembar SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Tahun 2020-2021, semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments